Rabu, 06 Agustus 2008

Peringkat 74 Webometric, UGM Masih Teratas di Indonesia

Dibanding bulan Januari 2008, peringkat UGM pada Webometric bulan Juli 2008 mengalami sedikit penurunan. Dari peringkat 57 di bulan Januari lalu menjadi 74 dari 100 Perguruan Tinggi unggulan dunia yang berada di Asia.

Meski begitu, hingga saat ini UGM masih tetap yang terbaik di Indonesia. Tercatat dari daftar peringkat, hanya ada 2 PT di Indonesia, yakni UGM (peringkat 74) dan ITB (peringkat 78).

"Sekali lagi, hal ini menunjukkan bahwa publikasi elektronik di situs http://www.ugm.ac.id dinilai yang paling komprehensif dan paling kaya di negeri ini," ujar Drs Suryo Baskoro MS, Jum'at (1/8) di ruang HMK UGM menanggapi Peringkat Webometric yang diperoleh UGM.

Suryo menjelaskan Peringkat Webometric bukan menjadi tujuan yang hendak dicapai, karena UGM saat ini lebih fokus pada pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendesiminasikan karya-karya civitas akademikanya dalam rangka turut memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi bangsa. Dirinya mengakui bila turunnya peringkat UGM diasumsikan karena perguruan tinggi lain sangat gencar dalam menayangkan karya-karya civitas akademikanya.

"Untuk itu, UGM pun akan senantiasa meningkatkan penayangan karya-karya dosen sehingga tidak hanya dibaca oleh semakin baca orang, namun juga dirujuk oleh para pakar dari perguruan tinggi lain," tambah Kepala HMK UGM ini.

Lebih jauh Suryo menjelaskan, pemeringkatan oleh webometric didasarkan pada keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Pengukurannya menggunakan 4 indikator: Size (S), yakni jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web PT; Visibility (V), atau jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain PT yang dinilai; Rich Files (RF), yakni relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi PT tersebut dan Scholar (Sc), yakni jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain PT.

"Data yang dikumpulkan dengan empat indikator tersebut diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 4000 PT dari seluruh dunia. Daftar peringkat PT dikeluarkan dua kali setiap tahun yakni bulan Januari dan Juli," ungkapnya menjelaskan. (Humas UGM)

sumber: www.ugm.ac.id

Tidak ada komentar: